Kurikulum

KURIKULUM

Program MM FEUnmul menyelenggarakan pendidikan dengan paket belajar sesuai dengan jenis preferensi waktu yang disediakan yaitu:

Jum’at : Pukul 19.00 – 22.00 wita

Sabtu : 09.00 – 16.00 wita

Kurikulum didesain secara khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga manajerial yang diperlukan dalam dunia usaha.

Metode penyelenggaraan pendidikan berupa studi kasus, seminar, tugas-tugas, dan business visit yang bertujuan memberikan pelajaran praktis kepada mahasiswa mengenai applied science dalam dunia kerja

Kurikulum Program MM FEUnmul tersusun sebagai berikut :

  1. Mata Kuliah Inti yang terdiri dari 12 mata kuliah dengan bobot 34 SKC dan Tesis 6 SKC
  2. Mata Kuliah konsentrasi terdiri dari 4 mata kuliah dengan bobot 10 SKC

Total beban studi 50 SKC yang dapat diselesaikan selama 2 tahun dan maksimal 5 tahun

 

MATA KULIAH MARTIKULASI

Kuliah martikulasi bertujuan untuk memberikan penyegaran dan penyetaraan sebelum mahasiswa mengikuti perkuliahan ini

Mata Kuliah Martikulasi terdiri dari:

  1. Teori Ekonomi
  2. Pengantar Manajemen
  3. Akuntansi
  4. Statistik

 

MATA KULIAH INTI

Mata kuliah bertujuan untuk memberikan landasan yang solid bagi mahasiswa agar memiliki fleksibilitas untuk bekerja di berbagai bidang manajemen

 

      Mata Kuliah Inti     Bobot Kredit Semester (SKS)
Semester I:  
1. Ekonomi Manajerial
3 SKS
2. Akuntansi Manajerial 3 SKS
3. Sistem Informasi Manajemen
3 SKS
4. Etika dan Lingkungan Bisnis
3 SKS
5. Perilaku Organisasi
3 SKS
Semester II:  
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
3 SKS
2. Manajemen Pemasaran
3 SKS
3. Manajemen Keuangan
3 SKS
4. Manajemen Operasional 3 SKS
5. Metodologi Penelitian
3 SKS
Semester III:  
1. Manajemen Startegik
3 SKS
2. +3 Mata kuliah konsentrasi
9 SKS
Semester IV:  
1. Tesis
6 SKS
TOTAL 48 SKS

 

MATA KULIAH KONSENTRASI

Mata kulaih konsentrasi bertujuan memberikan wahana bagi minat dan potensi masing-masing mahasiswa yang juga akan menjadi kekhasan setiap mahasiswa

 

     Mata Kuliah Inti     Bobot Kredit Semester (SKS)
Manajemen Pemasaran:  
1. Strategi Pemasaran Lanjutan
3 SKS
2. Perilaku Konsumen
3 SKS
3. Pemasaran Internasional
3 SKS
  9 SKS
Manajemen Keuangan:  
1. Manajemen Fortopolio
3 SKS
2. Manajemen Keuangan Internasional
3 SKS
3. Manajemen Resiko Keuangan
3 SKS
  9 SKS
Manajemen Pemasaran:  
1. Kepemimpinan
3 SKS
2. Manajemen Sumber Daya Manusia
3 SKS
3. Strategik Perubahan dan Perkembangan Organisasi
3 SKS
  9 SKS

*Kelas konsentrasi dibuka apabila di minati 10 (sepuluh) mahasiswa. Kurang dari jumlah tersebut akan ditiadakan dan mahasiswa diminta untuk memilih konsentrasi lain.